Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi 1 Sampai 12 Bulan Pertama

Pertumbuhan dan perkembangan bayi, Panduan Tips Cara Perawatan Bayi Baru Lahir - Perkembangan Bayi 6 Bulan Pertama - Beberapa minggu pertama untuk bayi yang baru lahir, mereka menghabiskan waktunya hanya untuk tidur disebagian besar hari, bangun hanya untuk makan atau mengganti popok.

Pada tahun pertama kehidupan, bayi Anda yang baru lahir akan tumbuh pesat, kenaikan berat badan dan tinggi terus mengalami peningkatan di setiap bulannya. Bayi yang baru lahir akan menghabiskan beberapa minggu pertama untuk tidur sepanjang hari, bangun hanya untuk makan atau mengganti popok. Menguap, bersin, cegukan, peregangan adalah beberapa tindakan yang umum dilakukan bayi baru lahir. Ini adalah tahap pertama dari pengembangan bayi dan tidak akan lama.

Sementara masing-masing bayi akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan sendiri, ada yang perkembangannya sangat cepat dan ada pula yang lambat. Hal ini karena berbagai faktor keturunan dan lingkungan. Jangan khawatir jika bayi Anda tampaknya sedikit lebih lambat. Karena bayi anda dengan bayi lainnya merupakan individu yang unik dengan minat dan preferensinya sendiri.


Perkembangan  Bayi dari bulan ke bulan

1 bulan: Pada satu bulan, bayi kurang tidur dan terjaga lebih lama. Mereka akan melihat Anda ketika Anda berbicara dengan mereka dan mungkin membuka dan menutup mulut mereka seolah-olah mereka berbicara kepada Anda. Mereka bisa mengikuti obyek yang bergerak, dan melihat mainan di depan mereka. Mereka mulai tersenyum pada tahap perkembangan bayi 1 bulan ini.

2 bulan: Bayi akan tersenyum jika Anda berbicara kepada mereka atau merangsang mereka dengan cara apapun. Ini disebut senyum sosial. Mereka juga akan mulai “cooing” atau mendekut pada tahap ini dan akan dapat menggerakkan kepala mereka dan mengikuti orang bergerak atau objek untuk hampir 180 derajat. Mereka akan mampu menegakkan kepala mereka, tetapi akan turun naik berulang karena mereka belum memiliki kontrol penuh.

3 bulan: kontrol kepala bayi 'lebih baik dan mereka akan dapat mengangkat kepala mereka cukup tinggi. Pada tahap perkembangan bayi, mereka menjadi lebih penuh perhatian dan bisa menonton gerakan tangan mereka sendiri. Mereka tidak hanya akan tersenyum ketika Anda berbicara dengan mereka, mereka juga dapat merespon dengan jeritan kegembiraan. Mereka akan mampu mengoceh dan memegang  mainan ditempatkan di tangan mereka.

4 bulan: Bayi sekarang dapat mengangkat kepala mereka terus-menerus, mereka akan dapat menjaga kepala dan dada mereka dengan baik. Mereka akan menikmati bermain dengan tangan mereka. Mereka penasaran dan terus-menerus melihat-lihat. Mereka menyenangkan untuk bermain dan mungkin tertawa keras jika Anda menggelitik mereka.

5 bulan: Bayi memiliki kontrol kepala penuh sekarang, dan juga mampu memahami mainan dengan tegas. Mereka menikmati bermain dengan mainan, meremas kertas dan percikan air di dalam bak mandi. Mereka banyak tersenyum, tersenyum ketika Anda berbicara kepada mereka serta tersenyum pada citra mereka sendiri di cermin.

6 bulan: Bayi dapat bergulir sisi mereka pada tanda setengah tahun pertama mereka. kaki mereka lebih kuat dan akan mampu menanggung berat badan mereka ketika Anda membuat mereka berdiri. Mereka lebih suka bermain di tahap perkembangan bayi, dan dengan senang hati akan mengambil kaki mereka sendiri dan mengisap jari kaki mereka. Mereka mungkin meniup gelembung dan menjulurkan lidah mereka keluar. Mereka akan menikmati bermain mengintip "cilik baa" dengan Anda, tapi mungkin menjadi menangis atau diam jika orang asing bergabung dalam permainan. Mereka mungkin mulai menunjukkan kecemasan dan mungkin juga mengungkapkan suka dan tidak suka untuk makanan tertentu. Bayi Anda mungkin mulai membuat suara seperti 'da, ba, ka'.

Bayi Anda kini berusia 6 bulan, bundel aktif dengan kontrol kepala penuh. Bayi Anda mungkin akan mampu mengungkapkan suka dan tidak suka untuk makanan tertentu dan bahkan mungkin dapat membuat suku kata tertentu. Dalam 6 bulan ke depan, Anda dapat mengharapkan bayi Anda untuk terus berkembang dengan cepat dari bulan ke bulan.

Tanda perkembangan bayi sangat signifikan dalam 9 bulan

7 bulan: Pada usia ini, bayi dapat berguling dan duduk untuk jangka pendek dengan tangan membentang ke depan untuk dukungan. Mereka akan senang jika Anda membuat mereka berdiri.
Dengan tahap perkembangan bayi, mereka cenderung untuk menunjukkan keterampilan tangan yang luar biasa seperti memindahkan benda dari tangan ke tangan, merobek kertas dan memukul-mukul benda di atas meja. Mereka akan mencoba untuk menempatkan objek ke dalam mulut mereka dan juga akan bisa makan biskuit dan minum dari cangkir sendiri. Bayi dapat mengoceh misalnya 'dadadada, babababa', dan akan menanggapi nama mereka.

8 bulan: Bayi bisa duduk selama beberapa saat tanpa dukungan dan akan mudah berdiri dengan dukungan. Mereka akan dapat menggabungkan suku kata untuk membuat suara seperti "papa" dan "baba" pada tahap perkembangan bayi.

9 bulan: Ini adalah titik penting untuk bayi. Mereka akan mampu berdiri memegang furnitur, roll di lantai, dan membuat gerakan merangkak. Bayi akan dapat mengambil benda kecil dengan menggunakan jari dan ibu jari dalam genggaman atau menjepit. Mereka bahkan mungkin tampak bersemangat saat melihat makanan tertentu.

10 bulan: Pada tahap perkembangan ini, bayi akan bisa duduk dan berdiri sendiri. Mereka juga akan dapat menggeser posisi mereka dari duduk ke berbaring dan dari berbaring ke duduk. Mereka akan dapat duduk terus tanpa jatuh dan juga mungkin dapat merayap dengan perut mereka di lantai. Anda akan bersyukur untuk mendengar bayi Anda membuat suara seperti 'mama', dan 'dada' dan bahkan melambaikan bye bye untuk Anda. Bayi Anda bahkan dapat merespon jika Anda mengajukan pertanyaan sederhana seperti "Di mana mama?" atau "Di mana papa?" Ketika Anda memakaikan pakaian ke bayi Anda, ia mungkin akan mengejutkan Anda dengan memegang keluar lengan atau kaki.

11 bulan: Pada usia ini, kemajuan  bayi dari merayap ke merangkak, bisa bergerak di lantai dengan perut mereka terangkat. Mereka juga mampu mengucapkan kata yang tepat pertama mereka dengan makna.

12 bulan: Bayi Anda akan mampu menjaga keseimbangan yang baik sambil duduk dan kemungkinan akan berjalan jika Anda memegang satu tangan. Bayi juga mungkin dapat berjalan sendiri dengan memegang furniture. Mereka mulai menunjukkan minat ketika diperlihatkan gambar dan mungkin dapat memahami arti dari kalimat sederhana seperti "Di mana buku Anda?" Atau "Di mana mainan Anda"? kosakata bayi Anda kemungkinan akan memperluas untuk beberapa kata dengan usia ini. Anda akan menemukan bayi Anda dapat melakukan sesuatu untuk membuat Anda tertawa dan bahkan mungkin memberikan ciuman jika Anda meminta untuk itu.


Apa yang harus dilakukan jika perkembangan bayi Anda tertunda?

Jika perkembangan bayi Anda tampak lambat dan menyita perhatian Anda, Anda harus berkonsultasi dengan dokter bayi Anda atau dokter umum untuk meminta saran. Tahap perkembangan bayi hanya panduan kasar untuk perkembangan bayi dan yang terbaik bagi orang tua untuk tidak menafsirkannya sendiri.

Perkembangan anak tergantung pada berbagai faktor antenatal dan postnatal seperti kesehatan ibu dan penyakit, usia kehamilan bayi saat persalinan, komplikasi pada saat kelahiran, sakit selama tahun-tahun awal dan genetika serta faktor lingkungan.

Kita tidak boleh lupa pengaruh kepribadian orangtua, pendidikan dan sikap terhadap bayi. Seorang anak yang tumbuh di lingkungan yang penuh kasih sayang yang sehat akan melakukan lebih baik daripada anak dalam lingkungan yang kurang baik.

Tips Cara Meningkatkan perkembangan bayi Anda

Memastikan perkembangan dimulai bayi Anda di dalam rahim, dengan tepat antenatal check up dan skrining untuk memantau kesehatan janin.

Setelah lahir, yang paling penting hal yang dapat dilakukan orangtua untuk meningkatkan perkembangan bayi mereka adalah untuk memulai menyusui dini dan mempertahankan pemberian ASI eksklusif selama sedikitnya enam bulan. Hal ini akan memberikan nutrisi terbaik dan manfaat lain yang telah terbukti untuk kesehatan bayi sampai dewasa.

Manfaat tersebut antara lain rendahnya risiko infeksi paru-paru, diare , sembelit , gangguan alergi dan obesitas . Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual bayi terdapat pada pemberian ASI lebih tinggi daripada bayi yang diberi susu formula.

0 komentar:

Posting Komentar